DIGEMBLENG KEDISIPLINAN

Fri, August, 2018

PURWOKERTO  - Sebanyak 73 mahasiswa STMIK Widya Utama (SWU) menggelar latihan kedisiplinan di Markas Komando Resimen Mahasiswa Batalyon 904/Kalayudha Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Sabtu (20/5) lalu.

Ketua program Character Building Mahasiswa, Dewi Erla Mahmudah, mengatakan kegiatan itu diikuti mahasiswa semester 2 Jurusan Teknik Informatika dan Komputerisasi akuntansi.

Kegiatan ini untuk melatih mental dan menumbuhkan sikap disiplin serta melatih team work para mahasiswa. “Latihan kedisiplinan ini merupakan salah satu agenda dari program character building bagi mahasiswa.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang wajib diikuti seluruh mahasiswa,” katanya, kemarin. Kegiatan itu diawali dengan apel pembukaan yang dipimpin Dewi Erla Mahmudah.

Dalam apel tersebut dia menyampaikan agar para mahasiswa tetap mematuhi aturan yang ada di lingkungan Markas Komando Menwa Unsoed dan mengikuti setiap arahan yang diberikan oleh pelatih.

Latihan PBB

Setelah mengikuti apel pembukaan, peserta melakuan kegiatan sarapan bersama yang dilakukan di lapangan voli Markas Komando Menwa Unsoed. Peserta diberikan materi Peraturan Baris-Berbaris (PBB).

“Latihan PBB ini merupakan latihan dasar untuk membentuk mental disiplin dan membentuk kekompakan pada tim,” ungkap pelatih PBB, Nurkhasanah.

Selain PBB peserta juga dilatih rappelling atau turun dari suatu ketinggian menggunakan tali dan peralatan mountainnering. Materi rappelling dilaksanakan di jembatan Sungai Pelus Desa Karanggintung, Kecamatan Sumbang.

Pada materi ini banyak siswa yang awalnya takut untuk mencoba, namun setelah diberi arahan oleh pelatih banyak juga yang akhirnya mencoba dan turun menggunakan tali dari jembatan turun ke sungai.

“Tujuan dari materi ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menyikapi rasa takut dan kurang percaya diri,” ucap Singgih Setya selaku pelatih. (fz-33)


DSC_0590